Halaman

Rabu, 11 Agustus 2010

Uang Logam Ternyata Juga Dipalsukan

ukan saja uang kertas bernominal besar, uang logam pecahan Rp 500 ternyata juga dipalsukan. Polisi telah menangkap pembuatnya di Semarang.
Menurut Kapolres Semarang Selatan AKBP Nurcholis, polisi telah menangkap dua pelaku yakni Nardi Basuki, 57, dan Rusbianto, 41. Nardi Basuki yang asal Desa Ngonto, Bandungan, Kabupaten Semarang itu ditangkap di tempat tinggalnya di Jalan Genuk Karanglo RT 01/02 dan Rusbianto di Pleburan RT 09/02 Semarang.
Barang bukti yang berhasil diamankan dari mereka adalah uang logam palsu pecahan Rp 500 sebanyak 365 keping yang disimpan dalam dua buah ember. Serta sejumlah peralatan untuk membuat uang itu.
Nardi Basuki ditangkap petugas reserse kriminal Polsek Gajahmungkur pada Senin (26/10) sekitar pukul 21.30 WIB. Dari keterangan Nardi kemudian polisi menangkap Rusbianto juga di tempat tinggalnya.
Kepada penyidik, Nardi yang sehari-hari bekerja sebagai penjual bunga di Jalan Kartini Semarang ini mengaku terpaksa membuat dan mengedarkan uang palsu logam pecahan Rp 500 karena terdesak kebutuhan sehari-hari.
“Awalnya saya hanya coba-coba dalam membuatnya dan setelah dibelanjakan untuk membeli rokok, uang palsu buatan saya ini tidak ketahuan. Sehingga saya punya pikiran untuk membuat lebih banyak lagi,” katanya.
Nardi kemudian memberitahu Rusbianto tentang pemalsuan uang logam pecahan Rp 500 dan minta disedikan bahan baku berupa timah. Ia membuat uang logam palsu itu di rumahnya menggunakan mesin cetak sederhana yang dipesannya dari bengkel bubut.
Nardi juga mengaku baru sekitar tiga minggu bersama Rusbianto membuat uang logam palsu ini serta baru mengedarkan 13 keping. Menurut Kapolres, uang logam palsu itu sebenarnya sangat mudah dikenali masyarakat karena hasil cetakannya tidak jelas, terasa kasar, dan tulisannya tidak rapi.
Kapolres menambahkan, kasus ini baru pertama kali terjadi dan mempunyai modus yang unik. Sebab, biasanya uang yang dipalsukan berupa uang kertas dengan nominal yang cukup besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar