Halaman

Selasa, 10 Agustus 2010

Saya Tidak Bangga

Mempunyai darah keturunan Belanda dipikir oleh kebanyakan orang itu menyenangkan.Tetapi menurut saya hal itu adalah hal yang lumrah karena Belanda pernah menjajah Indonesia selama berabad-abad lamanya. Lantas,hal itu selalu saya pertanyakan kepada saudara-saudari saya pernah suatu saat saya bertanya kepada Kakek saya "siapakah diri saya ini ? saya seorang Indonesia atau Belanda ?" Kakek saya menjawab "kamu itu orang Indonesia tetapi keturunan Belanda,Nenek buyut kamu seorang Belanda namanya Kuyper van Hasellink.". Pada saat itu saya baru mengerti tentang kewarnegaraan saya ini dan berkeyakinan kalau saya ini orang Indonesia asli lalu saya tanya lagi kepada Kakek saya "Adakah keluarga kita yang berada di Belanda,kek ?", Kakek saya menjawab "Banyak sekali,ada juga yang menjadi Artis dan Atlit".Pikiran saya langsung terngiang dengan perkataan Kakek saya tadi "ada juga yang menjadi Artis dan Atlit" lantas saya langsung bertanya kepada kakek saya "Siapa yang menjadi Artis siapa,kek ?" Kakek saya menjawab "Kakek lupa,dulu dia artis top di Belanda sana,,Kakek hanya ingat yang menjadi Atlit saja" saya langsung bertanya kepada kakek saya siapakah yang menjadi Atlit itu "Siapa namanya yang menjadi atlit,kek?" Kakek saya menjawab "Hendrikus Zomers (dengan penuh semangat)" Saya semakin penasaran siapakah 'Hendrikus Zomers' Saya pun bertanya lagi kepada Kakek saya "Hendrikus Zomers Atlit apa,kek ? Kakek saya menjawab "Sepakbola,dulu dia bermain sebagai penyerang (lagi-lagi dengan penuh semangat)."

Setelah 'Googling' saya tidak menemukan 'siapa sih ?' Hendrikus Zomers itu.Tetapi saya tetap bangga & menyukai Bangsa Indonesia baik itu kultur dan budayanya. Setelah melakukan tanya jawab bersama sang Kakek saya langsung berkata dalam hati "Apapun baik buruknya bangsa ini tetaplah negaramu, kita adalah bangsa yang besar dan berbanggalah kita menjadi bagian dari bangsa ini”…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar